Minggu, 12 April 2020

MELURUSKAN NIAT MENERBITKAN BUKU


Belajar Menulis Gelombang 9

Pertemuan 2              : Sabtu, 11 April 2020
Waktu                         : Pukul 19.00 – 21.00 WIB
Pemateri                    : Wijaya Kusumah
Topik                          : Meluruskan Niat Menerbitkan Buku
Peresume                  : Sri Indayani, S.Pd, SMAN 1 Paciran
                                    ( sriin.indayani38@gmail.com)


Setiap hari kita menulis, tetapi dalam menulis kita hanyalah mengerjakan sebuah rutinitas pekerjaan saja misalnya menulis materi pelajaran yang akan kita sampaikan kepada anak didik kita. Kita tidak pernah berpikir membuat tulisan yang bisa kita terbitkan walaupun kita sudah sering menulis. Pikiran kita tersebut berasal dari diri kita sendiri yang merasa kita tidak mungkin bisa membuat tulisan yang bisa diterbitkan.


Malam ini dipertemuan kedua pada diklat belajar menulis gelombang 9 akan disampaikan materi Meluruskan Niat Menerbitkan Buku oleh Bapak Wijayah Kusumah selaku Founder Belajar Menulis di WA Group PGRI. Beliau memiliki segudang prestasi yang tidak mungkin saya sebutkan satu persatu disini karena begitu banyak prestasi yang telah diraih oleh Beliau. Beliau juga seoarang Blogger dan Youtuber handal, Beliau benar-benar hebat. Beliau bisa menjadi inspirasi bagi kita dalam belajar menulis.

Dalam pertemuan kedua Bapak Wijaya Kusumah panggilan akrabnya adalah OMJAY menyampaikan bahwa kita harus meluruskan niat mulai dari sekarang dalam menulis agar buku kita bisa diterbitkan. Kegiatan menulis ini kita mulai dengan membaca Bismillah agar yang kita cita-citakan berhasil dalam menerbitkan buku. Menurut OMJAY jika dalam menulis diniati karena ALLAH maka InsyaAllah akan berbuah berkah dan mendapatkan hidayah dari Allah SWT. Aamiin Ya Robbal Alamiin

OMJAY juga menyampaikan agar kita benar-benar meluruskan niat dari sekarang dalam menulis dan tidak hanya sekedar mengejar sertifikat tapi kita mengejar ilmunya. Semua peserta belajar menulis gelombang 9 wajib menyelesaikan bukunya di akhir pertemuan kuliah online dan mulai sekarang fokus untuk memulai menulis dari sedikit demi sedikit.
Dalam belajar menulis ini ada dua buku yang harus diselesaikan oleh peserta, yaitu buku hasil resume kuliah online dari nara sumber dan buku bebas dari apa yang kita sukai dan kuasai. Buku bebas bisa berupa fiksi maupun non fiksi.

OMJAY juga mengingatkan dalam belajar menulis ini kita harus bisa berkolaborasi. Kita tidak hanya mementingkan diri sendiri tapi juga mengajak teman lain yang kesulitan untuk menulis menjadi terbantu untuk menerbitkan bukunya. Kita harus banyak membaca karena kurang membaca membuat tulisan kita kurang berkualitas. Berkunjung ke blog peserta lain itu juga penting agar kita dapat menemukan gaya menulis kita sendiri. Karena setiap orang memiliki gaya menulis yang berbeda-beda.

OMJAY menyampaikan saat kita menulis, kita harus berusaha tidak copy paste tulisan orang lain agar semua yang kita tulis menghasilkan informasi baru bagi pembaca. Misalnya saat kita menulis buku materi pelajaran, kita membaca berbagai macam buku pelajaran yang terkait dengan materi yang akan kita tulis kemudian kita meramunya menjadi tulisan yang lebih bermutu dan mencerahkan pembaca.

Menulis tidak hanya di buku saja, tetapi kita bisa menulis di blog agar kita dapat berbagi ilmu dan pengalaman kepada orang banyak.

Demikian resume kuliah online pertemuan kedua yang disampaikan oleh OMJAY, semoga mulai dari sekarang kira dapat meluruskan niat untuk menerbitkan buku dan apa yang kita tulis dapat memberikan manfaat bagi orang lain... Aamiin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar