Belajar Menulis Gelombang 9
Pertemuan 7 :
Kamis, 16 April 2020
Waktu : Pukul 19.00 – 21.00
WIB
Pemateri : Aris Ahmad Jaya, DVM., MM.
Topik : Mengajar Gaya
Motivator
Peresume : Sri Indayani, S.Pd, SMAN 1
paciran
MENGAJAR GAYA MOTIVATOR
Materi malam
ini adalah Mengajar Gaya Motivator yang disampaikan oleh Bapak Aris Ahmad Jaya
seorang motivator sekolah-sekolah unggul di Indonesia. Selain menjadi seorang motivator
beliau juga sebagai coach dan konsultan bagi sekolah-sekolah unggul di
Indonesia untuk menemukan kekhasan dan kekhususan. Pak Aris Ahmad Jaya selama
lebih dari 15 tahun menjadi motivator untuk sekolah unggul seperti Labschool
Kebayoran, Labschool Jakarta, Sekolah Al Azhar seluruh Indonesia ,Global
Islamic School Condet, Global Islamic School Serpong, dan sekolah unggul
lainnya di Indonesia. Pak Aris Ahmad Jaya lahir di Pati 23 Februari 1974 .
Pernah di terima di dua universitas ternama di Indonesia tanpa tes yaitu di
Institut Pertanian Bogor ( IPB ) dan Universitas Gajah Mada ( UGM ) . Beliau
menyelesaikan gelar Dokter Hewan pada tahun 2000 di Institut Pertanian Bogor
dan meraih gelar Magister Manajemen di UIKA Bogor tahun 2015 . Beliau merupakan
pendiri sekaligus CEO di lembaga ABCo SUGESTI MOTIVATINDO yang bergerak di
bidang motivasi dan konsultan bagi sekolah-sekolah unggul di Indonesia serta
lembaga-lembaga baik pemerintahan maupun swasta yang ada di Indonesia. Beliau
telah mempublikasikan beberapa karya buku best seller diantaranya buku 30 HARI
MENCARI JATI DIRI yang telah terjual lebih dari 45.000 eksemplar , LOVE TOUCH
PARENTING , QUOTES Auto Sugesti Power, Endorphine Teacher , SPIRIT of SUCCESS
dan buku lainnya. Beliau juga telah memberikan berbagai macam materi training
motivasi dibanyak sekolah unggul di Indonesia seperti SUKSES ILMU, SUKSES
KARAKTER, SUKSES MASA DEPAN untuk Para Siswa , LOVE TOUCH PARENTING bagi para
Orang Tua serta MENGAJAR GAYA MOTIVATOR bagi para Guru dan Pendidik.
Asalamualaikum warahmatullah wabarakatuh bapak dan ibu guru yang hebat sapa dari Pak Aris Ahmad Jaya dalam membuka kuliah online malam ini. Pak Aris memperkenalkan diri kemudian beliau menyampaikan harapannya terkait dengan momentum saat ini di mana anak anak kita sedang belajar di rumah guru pun seharusnya belajar kembali tentang bagaimana memiliki seni menyampaikan, memiliki seni untuk dicintai dirindukan oleh anak didiknya sehingga pembelajaran sedemikian menjadi menarik.
Asalamualaikum warahmatullah wabarakatuh bapak dan ibu guru yang hebat sapa dari Pak Aris Ahmad Jaya dalam membuka kuliah online malam ini. Pak Aris memperkenalkan diri kemudian beliau menyampaikan harapannya terkait dengan momentum saat ini di mana anak anak kita sedang belajar di rumah guru pun seharusnya belajar kembali tentang bagaimana memiliki seni menyampaikan, memiliki seni untuk dicintai dirindukan oleh anak didiknya sehingga pembelajaran sedemikian menjadi menarik.
Telah lebih dari sepuluh ribu audiens yang merasakan pola mengajar
gaya motivator atau MGM, insyaAllah di momentum saat ini saya ingin berbagi
dengan anda secara free dan silakan anda bagi kepada guru guru yang lain yang
belum sempat mengikuti training online ini. InsyaAllah anda akan mempelajari
banyak hal di antaranya adalah bagaimana anda menjadi pribadi yang mampu
menarik dan menyenangkan, pribadi yang dirindukan dan pribadi yang mampu
menginspirasi serta menjadikan anak didik anda mencintai anda sebelum mencintai
pelajaran yang anda bawakan.
Guru betulan memang guru yang diidamkan namun ternyata sebagian
guru yang saya kenal adalah guru kebetulan, yaitu kebetulan ada lowongan menjadi
pengajar maka dia menjadi guru. Kebetulan lulus dari universitas dan sambil
menunggu pekerjaan maka dia melamar menjadi guru dan kebetulan diterima makanya
akhirnya menjadi guru seterusnya. Kebetulan ada yayasan orang tua yang butuh
guru, butuh di manage sehingga mau tidak mau harus melanjutkan impian orangtua
akhirnya menjadi guru dan pendidik di yayasan itu. Kebetulan ada temen yang mengajak
daripada nganggur maka menjadi guru.
Apakah guru kebetulan itu salah? Salah kalau kebetulannya terus
menerus dan tidak mau belajar, namun kadang kadang guru kebetulan pun akan
menjadi guru betulan ketika dia mau belajar, mau mengerti bahwa ini bagian dari
sebuah proses yang harus dihadapi, dan kadang kadang guru kebetulan pun bisa
menjadi guru yang mencintai, guru yang dicintai, guru yang menyalami kegiatan
belajar mengajar dengan sungguh sungguh, karena dia menyadari bahwa ini bagian
dari sebuah proses baik yang harus dijalankan. Ketika seseorang tidak mau
menerima profesi sebagai seorang guru. Hal itu yang akan menjadi masalah baik orang
tersebut guru betulan maupun guru kebetulan.
Ketika menerima profesi guru sebagai bagian dari sebuah pilihan
mulia mau memberi pembelajaran dengan cara yang baik dan menyenangkan
menginspirasi anak didik, mencintai yang disampaikan maka sesungguhnya guru
betulan maupun guru kebetulan buahnya akan manis manakala dia adalah guru yang
mencintai profesinya. Apalah artinya guru betulan namun tidak mau belajar
menyampaikan, asal-asalan dan menyesali pilihan hidupnya. Pak aris ingin mencoba
membantu semua orang untuk menjadi guru, guru yang dirindukan, guru yang akhirnya diizinkan kehadirannya
untuk memberi pembelajaran apa pun. Karena guru adalah kurikulum yang
sesungguhnya, apa pun yang di bawa murid, anda akan mencintai. Bagaimana cara
menjadi guru yang dirindukan kehadirannya, kepergiannya, guru yang menginspirasi, dan
guru yang menyenangkan, baik pembelajaran apa pun yang anda berikan anda adalah
kurikulumnya karena anda adalah guru yang menyenangkan dan diizinkan.
Berdasarkan kinerja Pak Aris membagi guru
menjadi tiga tipe, yang pertama Guru nyasar adalah guru yang
tidak punya tujuan, tidak punya arah, dia guru yang menyesatkan. Mengapa murid-murid
bisa membenci pembelajaran karena gurunya tidak berenergi, murid-murid bisa
membenci apapun yang disampaikan oleh gurunya. Selain tidak punya target, tidak
punya energi, dia adalah seorang guru yang kehadirannya menjadikan jam dinding
bergerak sedemikian lambat karena muridnya jenuh. Guru nyasar lebih baik segera menyadari kalau memang tidak
punya energi menjadi seorang guru, dan lebih baik mengundurkan diri daripada
banyak korban korban yang tidak menyukai pelajaran apapun yang disampaika. Yang
kedua Guru bayar adalah guru yang energinya terkait dengan
finansial, dia bekerja karena ada gaji sebatas dia bekerja, karena ada urusan
finansial yang diperoleh. Guru bayar ini kadang-kadang mengajar berdasarkan
energi uang. Guru semacam ini adalah guru yang tidak konsisten, kadang ketika
tanggal muda semangat, wajah cerah antusias karena mungkin ada finansial yang
cukup, habis gajian dan ada sertifikasi. Namun terkadang mukanya sedemikian
tidak semangat gara gara dia merasa pekerjaan ini bukanlah pekerjaan yang
menjanjikan, pekerjaan yang menyedihkan, tidak menghasilkan untuk memenuhi kebutuhannya.
Guru bayar disarankan segera sadar karena banyak murid pada dasarnya harus yang
mendapatkan inspirasi keilmuan tapi mendapatkan guru yang on off, kadang
semangat kadang tidak, kadang bagus kadang tidak, hal ini akan menjadikan murid
tidak mendapatkan figur yang benar- benar mampu menginspirasinya. Yang
ketiga Guru sadar adalah seorang guru yang kehadirannya
menjadikan murid-murid mencintai dirinya, mencintai pelajarannya, dan mencintai
kehidupan karena apa pun yang keluar dari mulut guru sadar adalah kata-kata
yang mampu menyadarkan pembelajaran menjadi menyenangkan, keilmuan menjadi
mengasyikkan, kehadirannya adalah
keadaan yang menyenangkan dan kepergiannya adalah kepergian yang dirindukan.
Karenanya mengajar gaya motivator adalah sebuah teknik bagaimana guru
mampu menjadi seorang pendidik atau menjadi seorang guru yang sadar, menyadari
sepenuhnya bahwa profesi ini adalah profesi yang mulia, sebuah profesi yang
menghantarkan murid-murid mendapatkan pemahaman terhadap suatu ilmu, mana yang
baik dan mana benar sehingga mereka mampu menyelesaikan permasalahan-
permasalahan sesuai dengan jamannya. Guru sadar adalah konektor kebaikan. Guru
sadar adalah konektor keilmuan yang layak dicintai, dan akhirnya murid-murid
mencintai ilmu tersebut. Guru sadar adalah guru yang menyadari suatu hari nanti
ketika dia meninggal maka mulut inilah yang akan menjadi amal jariahnya ilmu,
yang ditinggalkan akan menjadi inspirasi bagi orang setelahnya dan guru sadar
menyadari sepenuhnya bahwa dia adalah magnet bagi kecintaan siswa-siswinya
terhadap ilmu yang dia bawa, kecintaan siswa-siswinya kepada Tuhan yang
menciptakannya, kecintaan siswa-siswinya kepada sebuah keilmuan yang dihadirkan
melalui dirinya.
LANGKAH – LANGKAH MENGAJAR GAYA MOTIVATOR
Ada lima
langkah mengajar gaya motivator yang bisa dipraktekkan untuk mengajar. Dengan
mempraktekkan lima langkah ini diharapkan mampu menjadi guru yang dicintai,
guru yang dirindukan, guru yang menginspirasi, dan guru yang menjadikan murid-muridnya
mencintainya dan mencintai ilmu yang dibawanya. Sebelum diberikan lima langkah
mengajar gaya motivator kita bahas dulu sedikit tentang bagaimana peran seorang
guru yang sesungguhnya. Ada peran guru yang terkadang kita tidak memerankannya
dengan utuh.Peran yang pertama adalah mengajar, peran yang kedua adalah mendidik,
peran yang ketiga adalah menginspirasi, dan peran yang empat adalah
menggerakkan.Terkadang kita lebih fokus pada
peran pertama yaitu mengajar, memindahkan keilmuan yang ada di otak kita. ke otak
murid kita. memindahkan kurikulum yang ada ke pikiran murid kita. Jadi kalau
guru hanya sekedar mengajar maka anda akan kalah dengan metode dan pola-pola
hari ini yaitu online. Mereka bisa
belajar dari youtube, bahkan sekarang sudah ada kelas-kelas online yang memungkinkan
murid-murid bisa belajar keilmuan tanpa kehadiran guru.
Guru harus masuk ke peran berikutnya
yaitu mendidik, bagaimana seorang guru mampu mendidik? tentu guru menjadi idola,
menjadi teladan, menjadi contoh. Guru sendiri dari dua kata digugu dan ditiru. Diharapkan
ketika guru masuk ke ranah mendidik maka guru bisa memasukkan nilai-nilai,
norma-norma baik, yang bisa dijalankan oleh anak didik kita dalam keseharian,
kedisiplinan, kejujuran, bisa dipercaya, berbagi, bekerja sama, berkomunikasi,
memudahkan urusan orang lain, menolong, membantu. Iitulah pola-pola yang bisa
masukkan guru ketika guru mendidik. Guru bisa masuk lewat pembelajaran apapun. Misalnya
guru matematika, bisa mengajarkan
tentang kejujuran, kedisiplinan, misalnya lagi guru ipa, bisa mengajarkan
tentang bagaimana mereka bersyukur, bagaimana mereka mampu berinteraksi,
bagaimana mereka mampu menjaga. Ternyata guru yang mampu mendidik adalah guru
yang menginspirasi karena dari apa yang dididikkan, murid-murid akan
terinspirasi, murid-murid akan menjadikan guru menjadi bagian dari history,
bagian dari sejarah mereka, dan bukan hanya sekedar bagian dari store ataupun
cerita,
Guru adalah sosok yang menginspirasi
murid, ketika guru mampu menunjukkan energi, menunjukkan keteladanan. Guru
mampu menunjukkan bahwa guru sepenuh hati maka guru adalah inspirator bagi murid,
guru motivator bagi murid dan akhirnya guru mampu menggerakkan murid
mengerjakan apa yang disarankan, menjalankan apa yang ada. Jadi sekali lagi
guru yang hebat adalah guru yang tidak sekedar mengajar tapi dia juga mampu
mendidik, menginspirasi, dan menggerakkan.
|
Langkah-Langkah Mengajar Gaya Motivator
Jadilah guru yang menarik dan menyenangkan. Guru yang menarik akan memiliki daya
tarik, dengan menyenangkan guru memiliki daya yang menjadikan murid-murid
merindukan guru. Supaya guru bisa menarik dan menyenangkan, guru harus
mempelajari pola sederhana. Menarik dimulai dari apa yang terlihat, sedangkan menyenangkan
dimulai dari apa yang terasa. Ketika pandangan pertama murid sudah suka dengan guru,
tatapan pertama murid sudah nyaman dengan guru. Maka guru sudah mulaimasuk ke daya tarik. Tiga langkah menjdi guru menarik. Pertama
Mempersiap diri dengan latihan sebanyak mungkin. Menjadi pribadi yang menarik,
contohnya dari sisi penampilan. Seorang guru mempersiapkan penampilan terbaik
karena guru adalah sosok yang menarik. Dari segi berperilaku, guru juga menjadi sosok yang menarik sehingga
murid-murid menilai guru bukan sekedar ketika berada di dalam ruangan tapi juga
ketika berada di luar kelas atau di luar ruangan. Guru yang menarik harus mampu
murid membuka pintu mengizinkan dengan menunjukkan bahwa dirinya benar-benar
layak untuk diperhatikan dan bukan sekedar dilihat, layak untuk didengarkan
tidak hanya sekedar mendengarkan. Jadi seorang guru harus menjadi orang yang layak
untuk diperhatikan dan didengarkan.
|
Pada diri siswa sebenarnya terdapat dua pintu, yaitu pintu
mengizinkan dan pintu tidak mengizinkan. Pintu mengizinkan
telah dibahas di atas. Pintu terbuka adalah manakala murid-murid mengizinkan guru,
mereka senang dengan guru, mereka nyaman belajar dengan guru. Sedangkan pintu tidak
mengizinkan adalah pintu tertutup di mana mereka tidak suka dengan pembelajaran
guru, tidak menyukai guru. Intinya adalah menolak. Bagaimana pintu mengizinkan
itu terbuka untuk guru, dan yang tertutup kemudian terbuka juga?Sebelum murid-murid menerima pelajaran dari guru maka murid-murid
terlebih dahulu harus menerima guru
tersebut. Agar murid-murid mau serta mampu menerima guru syaratnya adalah gruru
harus menjadi pribadi yang benar-benar menyenangkan. Supaya menyenangkan
guru harus mampu untuk memahami bahwa murid-murid adalah orang yang berbeda
dengan dirinya. Ketika mengajar anak TK guru harus mampu berperilaku
sebagaimana anak TK berperilaku. Ketika mengajar anak SD guru harus memahami
bagaimana kondisi anak SD kekinian. Karena SD kekinian beda dengan SD masa dulu
saat para guru menjadi murid SD. Ketika mengajar
murid SMP dan SMA, guru jangan memaksa murid-murid untuk mengerti siapa itu
guru, tapi guru harus mampu mengerti murid-muridnya.
Guru harus mampu mengubah dari ingin dihargai menjadi menghargai, ingin
dilayani menjadi melayani. Ketika guru mampu mengerti bahwa dirinya harus
diterima, harus diizinkan, harus diberikan peluang untuk bersama dengan mereka
maka kunci yang pertama guru harus memahami bagaimana menjadi pribadi yang
menyenangkan. Murid-murid lebih menyukai apa yang menyenangkan daripada apa
yang penting tapi tidak menyenangkan. Atau sesuatu yang menarik lebih diterima
oleh mereka daripada sesuatu yang penting tapi tidak menarik.
Jadi sekali lagi para guru hebat indonesia belajarlah secara terus
menerus menjadi pribadi yang menyenangkan sehingga para guru benar-benar
diterima dan diizinkan. Pikiran mereka terbuka untuk para guru, dengan demikian
guru-guru telah berhasil melakukan langkah pertama menjadi pribadi yang menyenangkan.
Pintu terbuka untuk guru dan murid-murid menerima apa pun yang dibawa guru.
Berikut beberapa contoh bagaimana murid-murid akan membuka pintu
mengizinkan untuk guru. Yang pertama guru masuk kelas dalam kondisi tersenyum.
Memastikan bahwa permasalahan guru itu bukan permasalahan murid, walaupun seorang
guru mempunyai masalah dengan suami, dengan istri, dengan teman itu bukan
masalah murid. Jadi harus memastikan masuk kelas dalam kondisi nyaman, minimal dengan
tersenyum. senyum satu dua dua lima. Satu dari hati dua senti kanan dua senti
kiri cukup lima detik. Kalau terlalu lama itu keram jadi cukup senyum masuk
yang pertama, kemudian yang kedua menyapa murid-murid dengan salam yang berbeda.
Kalau selama ini guru mengatakan salam langsung asalamualaikum warahmatullah wabarakatuh
maka mereka belum siap. Sekarang coba diganti dengan format seperti berikut:
1. Semoga siswa yang jawab salam saya cerdas otaknya maka mereka
akan menjawab aamiin.
2. Semoga yang menjawab salam saya mendapatkan nilai terbaik dan
naik kelas dengan rapot yang memuaskan.
3. Semoga ini salam saya menjadi manusia yang berguna bermanfaat
bagi agama bagi negerinya dan juga bagi keluarganya.
4. Semoga yang menjawab salam saya otaknya jenius cerdas dan mudah
mempelajari pelajaran yang akan saya berikan hari ini.
Setelah itu baru mengucapkan asalamualaikum warahmatullah
wabarakatuh, pasti mereka menjawab salam. Daripada guru masuk dalam kondisi manyun
langsung asalamualaikum, siapa yang belum mengerjakan PR ngacung, maaf yang
belum mengerjakan PR silakan keluar, akhirnya mereka keluar semua dan guru
tinggal sendirian di dalam kelas mengajar bangku kosong. Karena anak zaman
sekarang ini mengerjakan PR itu tidak terlalu nyaman. Itulah kenapa di Finlandia
tidak ada PR, karena mereka tahu pekerjaan rumah itu memang tidak menyenangkan
bagi anak. Tapi kalau anak suka dengan pelajaran tidak usah diberi PR mereka
akan tetap belajar.
Jadi yang pertama guru masuk dengan tersenyum,
yang kedua menyapa dengan salam, dan yang ketiga memberikan
apresiasi. Berikut kalimat-kalimat yang bisa diucapkan guru saat baru
masuk kelas: begini anak-anak sekalian terus terang saja saya suka mengajar
kalian, saya senang mengajar kelas ini, saya bahagia bertemu dengan kelas ini, dari
sekian banyak kelas yang saya ajar kelas ini yang membuat saya semangat, saya
bangga menjadi guru kalian, masih banyak kata-kata yang mungkin bisa diungkapkan
guru daripada datang-datang marah-marah, emosi. Coba senyum kemudian mengucapkan
salam dengan cara yang di atas, kemudian yang berikutnya bilang terima kasih. Bilang
juga kalian menjadikan saya berenergi, atau menjadikan bapak berenergi, atau
menjadikan ibu berenergi sehingga mereka kaget wow guru saya sudah berubah nih.
Tumben kata mereka, begitu tumben guru kita berubah.
Murid-murid tidak tau kalau gurunya sudah ikut training online
mengajar gaya motivator mencoba mempraktekkan. Guru masuk dalam kondisi senyum
menunjukkan bahwa dirinya menguasai masalahnya, yang kedua mengucapkan salam
dengan salam sapaan yang berbeda. Dan yang ketiga memberikan apresiasi dengan
ungkapkan bahwa guru senang bersama dengan mereka. Apresiasi, hargai, jadi
dengan cara ini guru akan menjadi sosok yang diizinkan.
Kedua
Berikan simulasi-simulasi sederhana sebelum pembelajaran dimulai. Mainkan game-game sederhana. Guru bisa melakukan
game tepuk, tebakan, games yang bisa diambil
dari youtube, internet. Setelah mereka nyaman dengan simulasi-simulasi atau game
yang diberikan maka hormon kebahagiaan mereka akan tumbuh, hormon itu bernama
hormon endorfin. Hormon yang memiliki delapan kali kekuatan lebih besar
daripada morfin. ini kata segel hariyama dari jepang the miracle of endorphin. Dia
menulis buku itu. Jadi ketika guru sudah mampu bersimulasi, memainkan game dengan murid-murid maka sebenarnya mereka
telah mengizinkan dirinya untuk memperhatikan dan melihat guru, mendengarkan instruksi dari guru dan mengikuti
apa yang diperintahkan oleh guru. Contoh, anak anak sekalian, kalau bapak tepuk
sekali maka kalian akan tepuk dua kali, coba ya... nah betul... bagus. Kalau bapak
tepuk dua kali kalian tepuk tiga kali...keren. Kalau bapak tepuk tiga kali
kalian cukup tekuk tepuk sekali...oke perhatikan, kalau saya tiga kali kalian tepuk
sekali...bagus... keren. Kita akan coba acak, kalian harus fokus, kalian pasti
bisa oke. Bagus...keren seperti itu. Kalau saya tepuk tiga kali, dua kali
ataupun sekali secara acak kalian harus siap... Oke.. bagus. Setiap selesai
memainkan game apresiasi mereka, puji mereka... bagus.. keren... hebat.
Ketiga
Mengizinkan diri mengapresiasi dan menghargai murid-murid (tangkap basah
kebaikan). Tempa besi selagi panas
artinya apresiasi prosesnya. Apresiasilah murid-murid, tidak menunggu kenaikan
kelas, menunggu mereka menjadi juara nasional.
Apresiasi, hargai prosesnya. Seperti menempa besi selagi panas. Besi susah
sekali ditempa kalau sudah dingin, besi mudah ditempa ketika masih panas
memerah. Guru bisa memberikan apresiasi
secara personal atau apresiasi secara massal. Ketika guru dengan mudah
mengapresiasi, sesungguhnya guru mudah diterima. Contoh sederhana ketika ada murid datang tepat waktu berikan ucapan kepada
murid itu misalnya imron keren, kamu orang yang disiplin, jadi orang sukses kamu
nanti imron. Itu adalah contoh tempa besi selagi panas. Tidak menunggu kenaikan
kelas, yang dia sudah lupa melakukan itu. Contoh yang lain ada seorang ketua
kelas yang rela mengabdikan dirinya memimpin temen-temannya tanpa gaji tanpa
tanpa sertifikat, itu adalah ketua kelas, ketua osis, ketua panitia, ketua ekskul
macam macamlah. Guru bisa menemui dia secara personal dan anda bilang rudi kamu
ketua kelas ya, kamu calon leader masa depan karena kamu punya jiwa
kepemimpinan.. keren. Suatu hari nanti kamu jadi orang sukses karena kamu mau
mengabdi untuk banyak orang. Selamat ya rudi, bapak bangga dengan kamu atau ibu
bangga dengan kamu. Kata-kata seperti ini akan menjadikan murid respek kepada guru
mereka. Mereka mengapresiasi guru mereka,
membela guru, berjuang bersama guru. Contog apresiasi secara massal anda bisa lakukan seperti ini
saya suka ya kalian itu orangnya kompak, kelas ini kompak.. keren. Saya bangga
jadi wali kelas kalian, keren. Kalian adalah salah satu kelas yang menjadi
kelas favorit bagi saya. Saya terus terang saja senang ngajar kalian, kalian
berproses walaupun pernah remedial, kalian tetap berjuang sehingga hari ini kalian
semua sudah dinyatakan tuntas...keren. Saya bersyukur menjadi guru kalian. Jadi sekali lagi
apresiasi, hargai, dengan menghargai murid, guru akan dihargai murid. Dengan
melayani murid, guru akan dilayani murid.
Guru yang pelit apresiasi, pelit pujian, pelit menghargai maka dia sesungguhnya
adalah guru yang menjerat, murung, menjerumuskan. Menjerumuskan muridnya untuk
menjadi murid yang tidak suka dengan guru dan apa pun ajaran yang dibawa oleh
guru menjadi pelajaran yang membosankan. Jangan sampai guru menjadi konektor
kejelekan atau konnector ketidakberhasilan bagi murid. Kalau guru mengajar
sebuah ilmu dan murid menyukai dengan ilmu yang disampaikan guru maka guru menjadi
konektor kebaikan bagi murid-murid. Menjadi kebaikan masa depannya, kalau guru
adalah konektor keburukan maka murid-murid akan benci dengan pelajaran yang
disampaikan gurunya dan benci dengan ilmu yang diberikan oleh guru. Dengan begitu
guru telah menutup pintu-pintu kesuksesan. Coba bayangkan kalau murid-murid
tidak menyukai matematika maka semua pelajaran terkait dengan hitungan dia
tidak suka gara-gara tidak suka dengan guru matematika. Guru telah berinvestasi
ketidakbaikan di masa depan. Guru bahasa inggris misalnya murid-murid tidak
suka bahasa inggris gara-gara penyampaian guru membosankan, menjenuhkan, maka guru
telah menutup muridnya untuk menyukai bahasa internasional.
Jadi langkah menjadi guru yang menarik, guru yang menyenangkan sehingga
tiga tips tadi ketika dijalankan maka muridnya akan membuka pintunya untuk
menerima guru, dan menjadikannya sebagai guru idola, guru favorit bagi dia.
Temukan
kelebihan dan keunggulan yang dimiliki murid. Jadilah guru yang mampu menjadi bagian dari pemain dan bukan
sekedar penonton. Temukan kelebihan yang dimiliki oleh seorang murid dan
berikan motivasi terhadap kelebihan yang dimilikinya. Temukan keunggulan yang
dimiliki seorang murid mulailah masuk melalui keunggulan yang dimilikinya. Temukan
nilai tambah yang dimiliki murid dan
masuklah melalui nilai tambah mereka. Einstein
pernah berkata kalau kita memaksa seekor burung untuk berenang, ikan untuk terbang,monyet untuk melata maka
kita akan melihat kebodohan-kebodohan dari hewan tersebut. Sama hanya seorang
guru yang hebat adalah seorang guru yang memberikan kesempatan kesempatan muridnya
untuk unggul melalui nilai unggul yang mereka miliki maka keunggulan-keunggulan
yang lain akan mengikutinya. Langkah yang kedua ini penting karena terkadang
seorang murid akan merasa minder, rendah diri, tidak percaya diri, dikarenakan
dia diberikan momentum yang bukan nilai lebihnya, dia diberikan momentum nilai
kurangnya.
Ada murid yang memiliki kemampuan
bahasa yang bagus namun lemah di matematika, ada murid yang hebat di organisasi dan hubungan
interpersonal sehingga dia suka aktivitas organisasi dalam kebahagiaan dan lain
sebagainya namun mungkin dia lemah dalam hal pelajaran tertentu misalnya bahasa
atau matematika atau ipa. Ketika guru menerima semua keunggulan, kelebihan dan
kekurangan yang dimiliki muridnya maka guru akan diterima oleh mereka. Para
guru adalah contoh sederhana, seorang guru yang mengetahui bahwa salah satu
muridnya punya kemampuan matematika yang bagus maka guru ini akan bisa diterima
ketika dia masuk melalui matematika . Sebuah contoh sederhana amir matematika
kamu keren, kemampuanmu berhitung bagus, suatu hari nanti kamu akan menjadi
orang sukses karena biasanya orang pinter matematika dia mampu melakukan
kejujuran, dia bisa teliti. Kamu suatu hari nanti akan menjadi orang hebat
melalui matematika ini, namun kamu juga harus belajar pelajaran-pelajaran yang
lain karena melalui matematika ini kamu akan mendapatkan kehebatanmu. Dan
pelajaran lain akan menjadikanmu juga lebih cepat hebatnya. Atau kita menemukan
seorang murid yang nyanyinya bagus, kemampuan vokalnya bagus maka tentu dia
akan menjadi percaya diri ketika kita kasih kesempatan dia untuk tampil di
depan menyanyikan sesuatu sebelum pembelajaran dimulai. Kita berikan dia panggung,
kita berikan dia momentum, kemudian kita berikan apresiasi. Mira suaramu bagus
dan kamu punya kepercayaan diri yang keren, kamu berani tampil di depan umum
dan suatu hari nanti kamu akan menjadi orang hebat, namun kamu juga harus rajin belajar karena ketika
kamu hebat dan berani tampil serta pelajaran bagus maka ini akan mengantarkanmu
menjadi orang sukses... keren mira. Jadi, orang yang hebat bukanlah orang yang
mampu menjadi manusia yang memaksa orang lain untuk hebat sepertinya, namun orang
yang hebat adalah orang yang mampu menciptakan dan menghantarkan kehebatan
generasi setelahnya karena memberikan momentum-momentum hebat bagi anak
muridnya.
Langkah menemukan kehebatan nilai tambah dari murid-murid. Guru harus mampu
memberikan momentum kesempatan-kesempatan hebat kepada setiap murid berdasarkan
kelebihan yang dimilikinya. Satu hari ada seorang guru saya, dia yang
membimbing saya prof. Musa namanya dari ipb bogor. Dia berbicara yang maha dalam,
hidup bukan sekedar bagaimana kita mengetahui ilmu, bukan bagaimana kita
terampil mengerjakan ilmu, bukan sekedar kita memiliki ekspektasi terhadap ilmu,
atau memiliki kemampuan terhadap ilmu, namun sesuatu yang mahal adalah momentum
yang diberikan kepada kita. Jadi sekali lagi momentum itu mahal, karenanya
berikan kesempatan murid -murid untuk menjadi duta dari sekolahnya, biarkan
mereka mewakili teman-temannya, biarkan mereka menjadi duta dari sekolahnya tujuannya
bukan mendapatkan juara pertama, tujuannya adalah memberikan kepercayaan kepada
mereka bahwa mereka berharga, memberikan kepercayaan pada mereka bahwa punya
nilai. Jadi setiap anak harus mampu diberikan momentum kesempatan, sehingga
mereka menjadi merasa bermakna, merasa dipercaya, merasa bernilai. Jadi bapak
dan ibu yang cerdas seorang murid yang suka pramuka tentu akan bahagia ketika
menjadi wakil pramuka dari sekolah tersebut dan dikirimkan ikut camping
misalnya untuk bertanding dengan sekolah sekolah yang lainnya. Seorang murid yang
menyukai olahraga tertentu, tentu bahagia ketika dikirimkan untuk menjadi duta
sekolah tersebut untuk temen-temannya bertanding bersama sekolah lain dalam
olahraga yang dia pilih. Seorang murid yang memiliki keilmuan tertentu misalnya
matematika, ipa, bahasa inggris ataupun bahasa indonesia tentu akan bahagia
ketika dikirimkan oleh sekolah menjadi bagian dari duta sekolah tersebut. Sekali
lagi momentum diberikan bukan karena dia harus menjadi juara, tujuan utama
momentum diberikan bukan karena dia harus mampu mengalahkan yang lainnya, tapi
momentum diberikan agar mereka merasa menjadi bagian dari orang yang siap
menjadi duta yang diberikan kesempatan dan sekali lagi momentum adalah bagian
dari cara seorang guru mampu memberikan nasehat, memberikan masukan, dan memberikan
kepercayaan. Jangan selalu murid tertentu saja yang dikirimkan oleh sekolah
untuk mewakili sekolah, karena dia serba bisa misalnya. Tapi lihatlah bagaimana
orang-orang biasa menjadi mutiara yang hebat karena dia masuk ke dalam kerang
pasir biasa pun akan menjadi kerang, akan menjadi mutiara yang hebat kalau dia
masuk ke dalam terang mutiara. Sekali lagi pasir yang biasa pun akan menjadi
mutiara yang hebat ketika dia diolah di dalam kerang, dan kerang mutiara itu
adalah para guru dan institusi. Jadi guru yang hebat adalah guru yang mampu
menjadi kerang mutiara bagi siswa didiknya, karena dia senantiasa memberikan
momentum-momentum hebat bagi anak didiknya.
Menjadi bagian
dari pemain bukan sekedar menjadi penonton. Biarkan
mereka menjadi bagian dari sejarah kehidupannya, bukan hanya menjadi seorang
yang bisa bercerita. Ingat, jadikan mereka menjadi bagian dari history yaitu
sejarah. Bukan sekedar story atau pun bercerita, tentu ketika guru melibatkan muridnya
untuk berpendapat, ber ide, bergagasan tentang sesuatu maka mereka akan ikut
bertanggung jawab atas ide dan gagasannya. Contoh sederhana wali kelas memberi
ide kepadaanak murid di kelasnya tersebut, seandainya kalian jadi wali kelas
kira kira apa yang akan kalian lakukan untuk menjadikan kelas menjadi kelas
yang hebat atau kalau kalian diberikan kesempatan untuk merubah kelas ini, kira-kira
apa saja yang akan kalian rubah atau seandainya kalian adalah kepala sekolah,
apakah ide-ide kreatif yang akan kalian keluarkan untuk menjadikan sekolah ini
menjadi sekolah yang unggul dan hebat. Dengan kita memberikan kesempatan
seperti itu melibatkan mereka maka mereka akan mengungkapkan ide gagasan
kecerdasan emosi dan hal-hal yang mereka harapkan selama ini. Ketika ide dan
gagasan ini ditampung kemudian dijalankan maka mereka akan menjadi bagian yang
bertanggung jawab atas ide dan gagasan itu. Karena mereka merasa terlibat dalam
proses perwujudan ide dan gagasan tersebut. Ini sangat berbeda manakala ide
gagasan hanya dari guru, hanya dari wali kelas, hanya dari kepala sekolah tanpa
melibatkan mereka. Jadi sekali lagi dengan guru melibatkan mereka memberikan
kesempatan mereka untuk beride, bergagasan, berpendapat maka guru juga
memberikan kesempatan kepada anak didik menjadi bagian dari sejarah, menjadi bagian
dari pelaku bukan sekedar penonton.
Sesungguhnya orang-orang hebat, guru-guru yang hebat bukanlah guru
yang nampak hebat di hadapan muridnya, namun guru-guru yang hebat adalah guru
yang mampu mewujudkan kehebatan muridnya karena melibatkan muridnya dalam
proses kehebatan masa depannya. Jadi sekali lagi, melibatkan mereka sebagai pemain
dalam sejarah kehidupan mereka dan bukan hanya menjadi penonton dari kehebatan.
Orang-orang hebat bukanlah orang yang punya nilai lebih dibanding dengan orang
yang ada di sekitarnya, tapi orang-orang hebat adalah orang yang memiliki
kemampuan menghebatkan orang-orang yang ada di sekitarnya termasuk murid
muridnya, dikarenakan kemampuannya memberikan momentum yang pertama memberikan
kesempatan mereka menjadi pemain. Dan yang terpenting adalah hargai prosesnya,
jangan selalu pada hasil akhir. Hargai prosesnya karena proses inilah yang akan
mereka ceritakan suatu hari nanti ketika mereka sudah menjadi orang sukses.
Gagal adalah peristiwa, sekali lagi gagal adalah peristiwa. Guru,
murid dan semua orang di sekitar tidak pernah gagal. Yang gagal adalah
peristiwanya, seorang gadis yang menggoreng tempe dan tempenya gosong. Yang
gosong adalah tempenya bukan gadisnya, sekali lagi bukan gadis yang gosong tapi
tempenya yang gosong. Karenanya guru motivator adalah seorang guru yang mampu
melibatkan siswa didiknya menjadi bagian dari pemain dan bukan sekedar menjadi
penonton dalam kehidupannya. Jadikan mereka memiliki history bukan sekedar
mampu bercerita tentang story.
Tanya Jawab
Penanya pertama. Baik pertanyaan
yang bagus dari bapak aryuna nda sijunjung sumatera barat apakah semua guru
berpotensi untuk menjadi guru sadar meskipun latar belakang tipe sebelumnya
adalah bayar atau nyasar semua guru berpotensi untuk jadi guru sadar ya namun
itu sangat terkait dengan bagaimana dia meluruskan niat meluruskan keinginan
yang kuat karena pada dasarnya guru sadar sangat terkait dengan latar depan
bukan latar belakang latar belakang bisa jadi dia dari latar bukan keguruan
bisa jadi keilmuannya mungkin bisa jadi tidak sesuai dengan yang diajarkan saat
ini namun karena dia sadar dia mau belajar memperbaiki diri belajar metode
metode yang tepat kemudian dia belajar banyak ilmu maka dia bisa menjadi seorang
guru sadar namun seorang guru yang bayar atau nyasar susah untuk menjadi guru
sadar manakala dia tidak berani keluar dari zona kenyamanan mereka sekali lagi
guru sadar adalah seorang guru yang memiliki sebuah niat yang mulia bukan
sekedar bayaran bukan sekedar mengisi waktu luang dan insyaallah guru guru yang
punya potensi terus belajar mengabdi melayani berkontribusi lambat laun dia
akan menjadi seorang guru sadar yang dirindukan dinantikan dan menjadi
inspirasi bagi murid muridnya insyaallah mudah mudahan pak ari yunanda dan
semua yang ada di grup ini menjadi guru sadar yang hadirnya menyenangkan
pulangdirindukan terima kasih.
Penanya kedua. Baik
pertanyaannya bagus pengetahuan adalah kekuatan namun yang bener adalah pengetahuan
kekuatan saat diterapkan betul semua ilmu akan menjadi nyata manakala di
aplikasi dan bukan berada di rak perpustakaan di lab penelitian semua keilmuan
pada dasarnya sepuluh persen ide sembilan puluh persen aksi aksi inilah yang
menjadikan sebuah pengetahuan menjadi bermanfaat karenanya guru guru hebat pada
dasarnya adalah guru guru yang mempraktekkan mengaplikasikan dan memperbaiki
serta mengevaluasi diri sehingga mampumenjadi guru yang diidolakan oleh anak
didiknya saya sepakat pengetahuan yang hebat adalah pengetahuan yang diterapkan
sehingga memiliki sebuah kekuatan terima kasih.
Penanya ketiga. Baik pertanyaan
tentang label sama dengan apresiasi label adalah bagian dari apresiasi jadi di
antara cara mengapresiasi adalah memberikan label positif jadi apresiasi itu
banyak cara di antaranya adalah memberikan label atau di antara yang lain
adalah menghargai dengan segera ketika proses berjalan tidak menunggu hasil
akhir atau memberikan peluang kepada mereka untuk menjadi duta sekolah nah itu
adalah bagian bagian contoh dari apresiasi jadi sekali lagi label adalah bagian
dariapresiasi terutama label positif terima kasih.
Penanya keempat. Sebuah
pertanyaan yang bagus dari pak ridwan nurhadi kadang siswa sulit untuk menerima
guru karena hasutan dari temen temannya nah ini betul itu yang tidak makan
persepsi persepsi adalah bagaimana tanggapan umum yang diberikan oleh siswa
siswi terhadap guru dan itu akan menjadi pt tular keyakinan atas bagaimana
persepsi guru itu dibangun apakah dia guru yang menyenangkan guru yang menarik
atau guru yang menyebalkan sehingga persepsi ini harus dirubah dengan kondisi
guru yang sesungguhnya kalau persepsinya sudah salah sudah jelek sudah kurang
bagus dan akhirnya terbukti maka itu akan menguatkan bahwa informasi dan
hasutan dari temannya adalah informasi yang bener namun sebaliknya ketika kita
bisa melakukan sebaliknya dari hasutan dari sebagian temen temen yang ada di
kelas maka yang terjadi adalah orang orang tersebut akan mendukung kitaternyata
kita tidak sebagaimana yang diceritakan oleh temen temannya seperti itu jadi
tetaplah berbuat baik tetaplah optimis dan tetaplah melakukan pembelajaran yang
menarik dan menyenangkan karena itu akan membangun persepsi baru siape anda
yang sesungguhnya mudah mudahan bermanfaat.
Penanya kelima. Baik sebuah pertanyaan yang bagus bagaimana cara menguasai emosi
dalam mengajarkan kebaikan kepada anak didik secara teori gampang namun menurut
saya sangat sulit dari pak supriyanto bekasi baik apa yang kita yakini itu yang
juga tervisualisasi kan jadi ketika kita berkata bahwa teori gampang namun
prakteknya sulit itulah yang terjadi karena kita adalah sebagaimana apa yang
ada dalam pikiran kita yang harus terjadi adalah menguasai emosi kita
mengajarkan kebaikan kepada anak didik memang dimulai dari bagaimana kesadaran
kita menjadi guru sadar dan bukan menjadi guru nyasar atau guru bayar pada
prinsipnya anak jaman now berbeda dengan kitab era kita kita harus mengerti
sebelum ini dimengerti mampu merubah di menjadi sebelumnya adalah ingin
dihargai maka kita saatnya menghargai ingin didengarkan saatnya mendengarkan
ingin dilayani saatnya melayani karena pada dasarnya sifat dasar murid kita
adalah dia menyukai guru yang menghargai mereka dia menyenangi guru yang
penyampaiannya adalah menarik dan menyenangkan ketika kita diterima maka apapun
yang kita bawa insyaallah diterima oleh murid kita jadi pada pada prinsipnya
tidak ada anak nakal atau anak bandel ini yang perlu kita pahami semua ke
fitrahnya baik yang ada adalah anak yang kurang mampu mendapatkan dicinta
sehingga dia tidak bisa menerima nasihat dari orang orang di sekitarnya dan dia
mencoba mencari perhatian dengan cara berbuat yang tidak baik dan cara itulah
yang paling mudah dia peroleh untuk mendapatkan perhatian dan bukan dengan
prestasi mudah mudahan kita bisakembali lebih detail tentang bagaimana
mengelola emosi memperbesar kapasitas diri sentuhan emas dan ini adalah penting
bagi para guru.
Penanya keenam. Baik ibu peri
haryani dari semarang tenang bu ketika murid murid mencintai kita merindukan
kita menjadikan kita menjadi bagian dari kehebatan mereka maka mmm anjing
menggonggong kafilah tetap berlalu mengapa gol yang kita lakukan tidak
menjadikan semua penonton bahagia itu yang perlu ibu pahami ketika gol yang
kita lakukan sebagian bahagia sebagian susah tergantung dari dia mendukung kita
atau tidak yang mendukung akan bertepuk tangan dengan gol yang kita ciptakan
namun yang tidak mendukung tentu akan sedih karena gol yang kita lakukan
intinya adalah tetaplah menjadi guru yang baik tetaplah menjadi guru yang hebat
karena pada dasarnya itulah yang akan dikenang oleh murid murid kita jadi sekali
lagi tetaplah menjadi guru yang mempesona apa pun kata orang bahwa anda tebar
pesona anda cari muka atau anda penjilat silahkan karena pada dasarnya pemain
lah yang menciptakan sejarah dan penonton hanya menyaksikan terjadisejarah dan
anda adalah pemain yang menciptakan sejarah bagi kehebatan murid murid anda
semoga bermanfaat.
Penanya ketujuh. Baik
pertanyaan tentang label sama dengan apresiasi label adalah bagian dari
apresiasi jadi di antara cara mengapresiasi adalah memberikan label positif
jadi apresiasi itu banyak cara di antaranya adalah memberikan label atau di
antara yang lain adalah menghargai dengan segera ketika proses berjalan tidak
menunggu hasil akhir atau memberikan peluang kepada mereka untuk menjadi duta
sekolah nah itu adalah bagian bagian contoh dari apresiasi jadi sekali lagi
label adalah bagian dariapresiasi terutama label positif terima kasih.
Penanya kedelapan. Sebuah
pertanyaan yang bagus dari pak ridwan nurhadi kadang siswa sulit untuk menerima
guru karena hasutan dari temen temannya nah ini betul itu yang tidak makan
persepsi persepsi adalah bagaimana tanggapan umum yang diberikan oleh siswa
siswi terhadap guru dan itu akan menjadi pt tular keyakinan atas bagaimana
persepsi guru itu dibangun apakah dia guru yang menyenangkan guru yang menarik
atau guru yang menyebalkan sehingga persepsi ini harus dirubah dengan kondisi
guru yang sesungguhnya kalau persepsinya sudah salah sudah jelek sudah kurang
bagus dan akhirnya terbukti maka itu akan menguatkan bahwa informasi dan hasutan
dari temannya adalah informasi yang bener namun sebaliknya ketika kita bisa
melakukan sebaliknya dari hasutan dari sebagian temen temen yang ada di kelas
maka yang terjadi adalah orang orang tersebut akan mendukung kitaternyata kita
tidak sebagaimana yang diceritakan oleh temen temannya seperti itu jadi
tetaplah berbuat baik tetaplah optimis dan tetaplah melakukan pembelajaran yang
menarik dan menyenangkan karena itu akan membangun persepsi baru siape anda
yang sesungguhnya mudah mudahan bermanfaat.
Penanya kesembilan. Baik ibu peri
haryani dari semarang tenang bu ketika murid murid mencintai kita merindukan
kita menjadikan kita menjadi bagian dari kehebatan mereka maka mmm anjing
menggonggong kafilah tetap berlalu mengapa gol yang kita lakukan tidak
menjadikan semua penonton bahagia itu yang perlu ibu pahami ketika gol yang
kita lakukan sebagian bahagia sebagian susah tergantung dari dia mendukung kita
atau tidak yang mendukung akan bertepuk tangan dengan gol yang kita ciptakan
namun yang tidak mendukung tentu akan sedih karena gol yang kita lakukan
intinya adalah tetaplah menjadi guru yang baik tetaplah menjadi guru yang hebat
karena pada dasarnya itulah yang akan dikenang oleh murid murid kita jadi
sekali lagi tetaplah menjadi guru yang mempesona apa pun kata orang bahwa anda
tebar pesona anda cari muka atau anda penjilat silahkan karena pada dasarnya
pemain lah yang menciptakan sejarah dan penonton hanya menyaksikan
terjadisejarah dan anda adalah pemain yang menciptakan sejarah bagi kehebatan
murid murid anda semoga bermanfaat.
Penanya kesepuluh. Baik pertanyaan
dari saudara ros kamider dari sumatera barat untuk bisa menjadikan pembelajaran
tetap menarik dan menyenangkan sampe berakhirnya pembelajaran maka perlu
diselingi simulasi simulasi game game tebak tebakan atau bahkan ada rileksasi yang
jelas kelas adalah panggung anda anda adalah kurikulum yang sesungguhnya ketika
murid sudah menyenangi anda maka jam dinding akan bergerak cepat namun ketika
murid tidak suka dengan pembelajaran yang anda sampaikan jam dinding bergerak
sedemikian lambat dan seolah olah tidak selesai selesai jadi prinsipnya harus
terus banyak belajar anda bisa buka di instagram saya di situ banyak contoh
contohnya aris ahmad jaya atauchannel youtube saya di situ juga banyak tips dan
trik serta simulasi simulasi yang bisa dipelajari bagaimana menjadi guru yang
menarik menyenangkan dari awal pembelajaran sampe bel terakhir mudah mudahan
bermanfaat.
Penanya kesebelas. Baik pertanyaan
dari saudara ros kamider dari sumatera barat untuk bisa menjadikan pembelajaran
tetap menarik dan menyenangkan sampe berakhirnya pembelajaran maka perlu diselingi
simulasi simulasi game game tebak tebakan atau bahkan ada rileksasi yang jelas
kelas adalah panggung anda anda adalah kurikulum yang sesungguhnya ketika murid
sudah menyenangi anda maka jam dinding akan bergerak cepat namun ketika murid
tidak suka dengan pembelajaran yang anda sampaikan jam dinding bergerak sedemikian
lambat dan seolah olah tidak selesai selesai jadi prinsipnya harus terus banyak
belajar anda bisa buka di instagram saya di situ banyak contoh contohnya aris
ahmad jaya atauchannel youtube saya di situ juga banyak tips dan trik serta
simulasi simulasi yang bisa dipelajari bagaimana menjadi guru yang menarik
menyenangkan dari awal pembelajaran sampe bel terakhir mudah mudahan
bermanfaat.
Penanya kedua belas. Oke walikumsalam
ibu sri indaryani betul sebagian mungkin kita memilih game nya atau tiba tiba
memberikan game yang kaku jadi anak anak kaget tumben begitu jadi pada dasarnya
inti dasar jiwa manusia adalah menyukai permainan karenanya perlu dipilihkan
permainan yang cocok sesuai dengan usia mereka permainan yang mmm sesuai dengan
kondisi dan dan itu perlu banyak belajar bisa dilihat dari youtube banyak
sekali jadi jangan sampe game paud kita terapkan untuk anak anak eh smp atau
sma tentu mereka merasa kok aneh gitu ya jadi jamnya juga harus disesuaikan sepengetahuan
saya selama ini ketika berhadapan dengan ataupun mahasiswa bahkan mereka suka
dengan game catatannya adalah game nya harus keep yang sesuai dengan usia
mereka menyenangkan sesuai dengan situasi dan kondisi dan yang terpenting
adalah kita juga harus menjadi pribadi yang bahagia dalam menyampaikan game itu
sendiri jangan sampeingin membuat mereka bahagia kita sedih dalam kondisi yang
kurang bahagia silakan dibuka di channel youtube saya di situ ada tip dressnya
mudah mudahan bermanfaat.
Penanya ketiga belas. Baik pertanyaan
dari saudara andi batin double bagaimana seorang guru yang mampu menjadikan
siswanya berprestasi namun dia sendiri tidak dapat ikut prestasi namun juga ada
tipe guru yang berprestasi tapi tidak mampu menjadikan siswanya berprestasi
sebenarnya ini adalah mmm pola manajemen saja guru yang berprestasi itu bagus
tapi kenapa dia menyatakan siswa investasi bisa jadi dia mampu memahami
keilmuannya namun belum mampu menyampaikan pembelajaran secara baik dan menyenangkan
untuk siswa siswinya sehingga dia menyukai pelajaran yang disampaikan namun
cara menyampaikannya tidak menyenangkan akhirnya murid tidak berprestasi yang
pertama guru mampu menciptakan anak berprestasi namun dia tidak sempat ikut
lomba berprestasi ini manajemen waktu saja dia harus tahu semua ada aturannya
walaupun dia berprestasi tapi kalau tidakprasyarat guru berprestasi ya jelas
tidak bisa nah itu ikut aja persyaratan syaratnya insyaallah dia pun suatu hari
nabi mampu menjadi guru berprestasi yang menciptakan anak murid yang
berprestasi seperti itu.
Penanya keempat belas. Oke dari pak
simon anune kupang ini sebenarnya sudah dijelaskan di atas namun akan catat
angkat saja anak yang malas belajar masa bodoh dan suka mengganggu temen
biasanya karena dia tertarik dengan pelajarannya atau memang dia kurang tepat
dengan jurusan yang dia pilih bisa jadi kalau memang sma harusnya dia masuk ke
jurusan sosial tapi masuk jurusan ipa misalnya gitu tapi kalau emang di smp
atau sd mungkin karena kurang atau belum menemukan cara belajar yang baik dan
bener karena ada orang auditory ada orang kristentik ada orang visual guru juga
harus mampu memahami bagaimana mengenali anak auditori sehingga dia harus
berada di depan sehingga terdengar anak visual juga juga harus di depan
sehingga dia bisa melihat dengan jelas tapi kalau anak genestetik harus di
belakang kenapa biar tidak mengganggu temen temannya yang ada di depan jadi
pada dasarnya anak yang malas belajar atau masa bodoh itu pada dasarnya karena
dia belum menemukan cara yang tepat bagaimana belajar atau dia disamaratakan
dengan temen temannya yang sudah menemukan pola belajar yang baik dan bener
mudah mudahan guru guru yang hadir di sini bisa belajar banyak dengan banyak
belajar anda bisa eh kembali banyak sekali eh di youtube di internet di
instagram mmm saya mencoba membuat channel aris mister sugesti indonesia
sehingga memudahkan guru guru untuk belajar secara runut metode dan belajar
materi yang saya sampaikan kepada anda tadi hanya baru sebagian dan sebagian
yang lain bisa anda dapatkan di channel youtube saya tolong di subscribe
sehingga anda nanti bisa mengikuti kuliah online bersama dengan saya dan dapat
pemberitahuan di youtube tersebut di notifikasinya diklik saja sehingga kalau
ada kuliaheh langsung bertemu dengan saya anda langsung bisa dapat
pemberitahuan dari mmm dari youtube terima kasih.
Penanya ketujuh belas. Pada dasarnya
satu atau dua orang anak di kelas yang punya tipikal mengganggu itu dikarenakan
anak tersebut mmm kurang mendapatkan bisa jadi dia dari keluarga yang
bermasalah atau memang dia memang sudah bermasalah anak anak yang masa bodoh
biasanya memiliki dendam masa lalu atas pembelajaran sebuah pelajaran tertentu
atau pada guru tertentu sebagai seorang guru yang menangani dia kita harus
mampu menggali informasi tentang siape dia mengapa dia seperti itu dan dengan
melakukan pendekatan yang penuh dengan cinta tentu saja akan ada perubahan jangan
nasehati dia ketika dia punya masalah karena anak yang pas masalah dinasihati
akan menolak namun justru dekatilah dia sesuai dengan hobi dia dengan kesukaan
dia dengan bakat yang dia miliki kalau dia bekas di pramuka misalnya atau bakal
di sebuah bekal tertentu kita dekati dengan bakat yang dia miliki dengan cara
masuk tersebut makamengizinkan dia akan terbuka untuk anda mudah mudahan
bermanfaat tidak perlu menyerah karena bisa jadi adalah orang yang bisa
menolong masa depan dia.
Penanya kedelapan belas. Asalamualaikum
warahmatullah wabarakatuh guru hebat yang luar biasa anda adalah manusia surga
yang dititipkan oleh allah di bumi ini sehingga peran seorang guru untuk menjadi
guru idola guru favorit guru menarik dan menyenangkan adalah peran yang sangat
sangat penting apapun pelajaran yang anda bawa maka murid anda akan melihat
siape yang membawanya yaitu anda karenanya selamat menjadi seorang guru yang
dicintai menjadi seorang guru yang dirindukan menjadi seorang guru yang
menginspirasi dan menjadi orang guru yang menjadi bagian dari sejarah menjadi
history bagi murid murid anda dan bukan sekedar menjadi seorang guru yang hanya
menjadi story ataupun cerita selamat berjuang selamat menjadi bagian hebat dari
kehidupan yang hebat atas masa depan murid murid anda sehatmister sugesti indonesia
asalamualaikum warahmatullah wabarakatuh.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar