Senin, 15 September 2025

LKPD PENGUKURAN DENGAN JANGKA SORONG

 A. CAPAIAN PEMBELAJARAN

Pada akhir fase E, murid mampu menggunakan sistem pengukuran dalam kerja ilmiah, menganalisis gerak dua dimansi, menganalisis pemanfaatan energi alternatif untuk mengatasi permasalahan ketersediaan energi.

B. TUJUAN PEMBELAJARAN

1. Murid mampu mengidentifikasi bagian-bagian jangka sorong, kegunaan jangka sorong dan nilai ketidakpastian jangka sorong.

2. Murid mampu menentukan hasil pengukuran menggunakan jangka sorong.

C. KEGIATAN PEMBELAJARAN

Aktivitas 1. Mengidentifikasi bagian-bagian jangka sorong, kegunaan dan nilai ketelitian jangka sorong.

Tuliskan bagian-bagian jangka sorong dari gambar berikut!








Tuliskan fungsi jangka sorong dari gambar berikut!








Hitunglah tingkat ketelitian jangka sorong

Jangka sorong memiliki nilai skala terkecil :.............. cm atau ............. mm

Tingkat ketelitian jangka sorong = 1/2 x nilai skala terkecil = 1/2 x .......... = ............ cm

Aktivitas 2. Menentukan hasil pengukuran menggunakan jangka sorong

ejournal.iainpurwokerto.ac.id
























Cara membaca hasil pengukuran menggunakan jangka sorong adalah:

1. Skala utama yang dibaca adalah garis tepat berada di sebelah kiri nol nonius (vernier).
2. Skala nonius yang dibaca adalah garis yang tepat lurus dengan garis yang ada di skala utama.

Dari gambar di atas, maka hasil pengukurannya adalah:
Skala Utama = 1,1 cm
Skala Nonius = 6,5 x 0,01 cm = 0,065 cm

Hasil Pengukuran:
X = SU + SN = 1,1 cm + 0,065 cm = 1,165 cm

Laporan Hasil Pengukuran:

Latihan Soal:
Dari gambar di bawah ini, tentukan hasil pengukurannya:
1. 













2. 










3. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar