Sabtu, 25 April 2020

RESENSI BUKU "Menulislah Setiap Hari dan Buktikan Apa yang Terjadi"


Identitas Buku
Judul                 : Menulislah Setiap Hari dan Buktikan Apa yang Terjadi
Penulis              : Wijayah Kusumah, S.Pd, M.Pd
Penerbit            : PT. Indeks, Jakarta
Tahun Terbit     : 2012
Tebal Halaman : 290 halaman

Sinopsis Buku 
Menulis dan membaca adalah dua kegiatan yang tidak dapat dipisahkan. Tak ada penulis yang tak rajin membaca . Ketika ide sudah muncul maka lekaslah untuk menulis tanpa mengedit terlebih dahulu. Mengedit tulisan dilakukan setelah ide yang ada dalam otak tersalurkan dengan baik melalui tulisan. Dengan menulis akan melatih otak, mata dan bibir untuk bersinergi dengan kedua tangan sehingga terlahirlah tulisan yang bermutu. Tulisan yang bermutu akan menarik hati setiap orang yang membacanya.
Menjadi penulis terkenal caranya dengan membiasakan diri menulis setiap hari. Tak ada penulis terkenal yang langsung dikenal dengan hanya satu atau dua kali menulis. Mereka semua mengalami apa yang disebut proses menulis. Menulis apa saja yang ada dalam alam pikirannya saat itu dan membuat tulisannya penuh makna agar enak dibaca.
Buku “Menulislah Setiap Hari dan Buktikan Apa yang Terjadi “ berisi motivasi bagi pembaca untuk berani mulai menulis dan jangan takut tulisannya jelek karena masih bisa di edit. Buku ini berisi motivasi bagi pembaca agar rajin menulis setiap hari, menulis bisa dilakukan sebelum tidur, setelah bangun tidur, atau waktu luang saat di kantor maupun di rumah.
Buku ini juga menjelaskan kepada pembaca cara mudah menulis buku, cara menulis efektif, kreatif dan menarik, menulis dengan hati yang indah sehingga menghasilkan tulisan yang renyah dan enak dibaca.
Pada buku ini juga dijelaskan dari mana untuk mulai menulis, dari mana mendapatkan ide menulis, tips manajemen waktu yang efektif dalam menulis serta cara mengatasi saat malas menulis.
Pada bagian berikutnya diberikan cara membaca secara mendalam, menulis buku harian atau pengalaman pribadi, memanfaatkan internet sehat agar menjadi orang yang hebat, membangun blog untuk mendukung pembelajaran serta cara menumbuhkan kreativitas menulis melalui blog.

Kelebihan Buku

Dapat membantu pembaca untuk berkomitmen mulai menulis dan terus menulis setiap hari. Bahasa buku ini ringan sehingga mudah untuk dipahami dan membangkitkan gairah pada pembaca untuk mulai menulis dan terus menulis.

Kekurangan Buku
Buku ini ditulis berdasarkan pengalaman pribadi sang penulis sehingga ada tulisan dalam buku ini yang terkadang kurang menyambung dengan judul buku.

6 komentar:

  1. trima aksih masukannya, tks, https://omjaylabs.wordpress.com/2020/04/25/membangkitkan-gairah-menulis-guru-di-blog-dan-media-sosial/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama2 omjay...sy jg mohon maaf menyampaikan kekurangan buku omjay

      Hapus
  2. https://sugiyatnoogik.blogspot.com/2020/04/resensi-menulislah-setiap-hari-dan.html silakan di kunjungi dan krisannya bapak ibu yg baik hati.

    BalasHapus