Rabu, 20 Mei 2020

MENDOKUMENTASIKAN SEMUA KEGIATAN DI BLOG


Ini adalah profil pemateri belajar menulis  yaitu Bapak Dedi Dwitagama
Tujuh belas tahun menjadi Guru di Sekolah Teknologi Menengah Negeri 39 Jakarta, sejak tahun 2005 sebagai Kepala Sekolah di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Jakarta dan sejak tahun 2009 sebagai Kepala Sekolah di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 36 Jakarta. Sekolah khas dimana terdapat program studi nautika kapal penangkap ikan, teknik kapal penangkap ikan dan agribisnis perikanan, sejak Nopember 2011 hingga Oktober 2012 menjadi Kepala Sekolah di SMKN 29 Penerbangan Jakarta yang merupakan satu-satunya sekolah Penerbangan Negeri di Jakarta. Sejak 2012 Menjadi Guru di SMKN 50 Jakarta Timur.
Aktifitas beliau selain sebagai Pendidik adalah menjadi Trainer dan Motivator bidang Pendidikan, Remaja, Parenting, Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba, HIV/AIDS, Kepemimpinan, Berbicara dimuka Umum, Teknologi Informasi, Menulis Kreatif/Creative Writing dan Komunikasi/TIK.
Blog pak Dedi Dwitagama
Blog pertama pak Dedi tahun 2005: http://dwitagama.blogspot.com/

Blog yang berisi Pendidikan dan kegiatan sekolah : http://dedidwitagama.wordpress.com

Blog kerja sampingan : http://trainerkita.wordpress.com

Blog hasil karya hunting foto : http://fotodedi.wordpress.com



2008 mulai ikut posting artikel di blog keroyokkan kompasiana.com, http://kompasiana.com/dwitagama

Semua blognya aktif... luar biasa
Materi belajar menulis hari ini "Mendokumentasikan Semua Kegiatan di Blog"

Apa itu Blog? Secara sederhana blog seperti diary atau catatan harian yang diunggah ke internet dan bisa dinikmati oleh orang sedunia. 
Di blog ini kita bisa mendokumentasikan semua kegiatan kita baik di kelas, di sekolah, maupun di luar sekolah.
Kita bisa menulis artikel di blog kemudian kita posting. Supaya artikel kita bisa di baca orang lain.
Untuk menulis di blog kita bisa menggunakan  notebook,  HP dan harus ada akses internet.
Untuk merawat blog, kita harus sering mengunjungi, menyiram dengan artikel, menjawab balik komentar pembaca, kalau sedang kering ide, kita bisa lihat-lihat blog orang lain, supaya muncul ide.
Jika sedang banyak ide, kita bisa tulis sekaligus beberapa artikel. Setiap artikelnya tak perlu terlalu banyak, cukup dua atau tiga alinea dilengkapi foto atau video, dan diposting terjadwal seminggu sekali . Andai kita punya 8 artikel, artinya dua bulan ke depan kita tak perlu posting lagi . Dan artikel kita akan muncul sendiri . Jika ada ide lagi . Kita jadwalkan untuk dua bulan berikutnya.


2 komentar:

  1. ya omjay...saya baru sadar bahwa manfaat blog itu banyak sekali. saya senang bisa mengikuti belajar menulis. sehingga blog yang saya buat pada tahun 2015 saat mengikuti diklat di sekolah, sehari setelah membuat blog . blog itu tidak pernah saya buka kembali. blog itu baru saya buka lagi saat saya mengikuti diklat sagusablog, tetapi setelah itu tidak pernah lagi saya buka. dan baru saya buka saat saya mengikuti diklat menulis Omjay. terima kasih banyak buat Omjay yang telah menyadarkan saya akan pentingnya menulis dan tluisan itu kita taruh di blog.

    BalasHapus