Selasa, 14 April 2020

Kunci Sukses Menulis Buku dalam Seminggu


Belajar Menulis Gelombang 9
Pertemuan 4             : Senin, 13 April 2020
Waktu                         : Pukul 19.00 – 21.00 WIB
Pemateri                    : Prof. Eko Indrajit
Topik                          : Menulis Buku dalam Seminggu
Peresume                  : Sri Indayani, S.Pd, SMAN 1 paciran
                                    ( sriin.indayani38@gmail.com)

KUNCI SUKSES MENULIS BUKU DALAM SEMINGGU

Pertemuan ke-4 ini materi top banget Menulis Buku dalam Seminggu disampaikan oleh Prof. Eko Indrajid. Prof. Richardus Eko Indrajit merupakan pakar teknologi yang berbakat. Tak hanya sebagai pakar, narasumber berbagai seminar, ia juga seorang akademisi sekaligus penulis puluhan judul buku dan ratusan jurnal ilmiah yang telah dipublikasikan tingkat nasional maupun internasional. Sejak sekolah dasar beliau sudah mengajar. Mengajar sudah menjadi hobbynya dari kecil, sehingga tidak ada hari tanpa mengajar. Beliau mengajar macem-macem mulai dari mengajar sandi-sandi pramuka, cara main sulap kartu, membuat perangkat elektronik, dan lain sebagainya yang kemudian akhirnya menjadi dosen sekaligus konsultan seperti sekarang ini. mengajar dan berbagai ilmu serta pengalaman sudah menjadi DNA dalam tubuh Beliau.


Prof. Eko Indrajid mulai menulis pada tahun 1998 saat terjadi krisis ekonomi. Waktu itu beliau diminta mahasiswanya untuk membuat buku karena tidak sanggup membeli buka dalam mata uang dolar akibat krisis ekonomi. Akhirnya buku beliau pertama terbit adalah RINGKASAN dari 50 buku bahasa Inggris yang dipinjam di perpustakaan yang berjudul Manajemen Sistem dan Teknologi Informasi. Diterbitkan oleh Elex Media Komputindo.
Ternyata buku tersebut menjadi best seller sehingga yang dulu ketagihan mengajar berubah menjadi ketagihan menulis. Awal mula Prof. Eko Indrajid spesialis menulis bunga rampai. Setiap ada satu diagram yang menarik perhatian beliau, lalu beliau jelaskan dalam satu halaman secara ringkas. Sebelum tidur beliau selalu menulis satu halaman, artinya dalam tiga bulan ada sekitar 100 halaman sehingga buku bisa diterbitkan. Sekarang beliau sudah menulis lebih dari 75 buku yang diterbitkan, dan ratusan artikel. di era milenium, kebanyakan buku dan tulisan tersebut dibagikan secara gratis.

Menurut Prof. Eko Indrajid cara menulis buku dalam seminggu dimulai dengan  mendisrupsi diri sendiri, kemudian langsung menuju pada pokok permasalahan yang ingin ditulis yang dimulai dengan menjawab 6 pertanyaan sederhana mengenai topik yang dibahas, yaitu: 5W1H ( What, Who, Where, When, Why dan How) . Misalnya judulnya DIGITAL MINDSET maka menulisnya dimulai dengan menjawab pertanyaan dalam bentuk tulisan. Setiap malam menulis 3-5 halaman maka dalam seminggu buku akan selesai dibuat.

Supaya selalu fokus dalam menulis maka paling lambat 100 hari tulisan harus sudah jadi. Karena jika terlalu lama maka akan kehilangan fokus yang mau ditulis dan ilmu yang mau ditulis sudah berkembang dan berganti lagi isunya. Makanya yang baik menulis buku dalam seminggu. Kalau kita bekerja maka menulis dimulai dari hari jum’at malam sampai hari minggu sedangkan sisanya dihari senin sampai jum’at disela-sela bekerja.

Demikian resume materi Menulis Buku dalam Seminggu. Semoga ilmu yang kita dapat bermanfaat. Aamiin


2 komentar: