Rabu, 15 April 2020

Mengelola Tugas Siswa dengan Google Classroom

Google classroom adalah platform untuk berinteraksi antara guru dengan siswa yang saat ini banyak digunakan. Google classroom ini sudah digunakan oleh guru dalam mengelola tugas yang diberikan kepada siswa. Terutama beberapa minggu belakangan sejak Kementerian Pendidikan dan Kebudayan menerapkan kebijakan belajar dari rumah. Otomatis sebagian besar aktivitas belajar dan mengajar yang biasanya dilakukan dengan tatap muka langsung di kelas beralih ke pembelajaran jarak jauh (dalam jaringan).

Manfaat Menggunakan Google Classroom

Google classroom memiliki banyak manfaat bagi guru, antara lain:
1. Berbagi materi pelajaran
2. Mengirim tugas 
3. Mengadakan penilaian harian / kuis
4. Tanya jawab dengan siswa
5. Menjadwalkan pengiriman materi atau tugas 


Dengan menggunakan google classroom tugas yang dikirim guru kepada siswa akan dikerjakan oleh siswa. Jawaban akan dikirim oleh siswa kembali ke google classroom sesuai dengan jadwal yang dibuat guru. Jika siswa terlambat mengumpulkan maka akan tertulis terlambat. Guru dapat memantau siswa yang sudah mengumpulkan dan yang belum mengumpulkan tugas. Guru juga dapat memantau siswa yang mengumpulkan tepat waktu dan yang terlambat.

Dengan menggunakan google classroom maka akan mengurangi penggunaan kertas. Sesuai dengan himbauan berkaitan dengan pemanasan global, salah satu cara mengurangi pemanasan global yaitu mengurangi penggunaan kertas. Dengan google classroom semua tugas dari guru dan jawaban dari siswa tersimpan di google classroom dan sewaktu-waktu guru dapat melakukan koreksi tugas siswa.

Bagaimana cara koreksi tugas siswa? Dengan google classroom koreksi jadi mudah, kita bisa koreksi dimana saja asalkan ada jaringan internet tanpa harus membawa kertas hasil kerja siswa kemana-mana. Saat koreksi nilai siswa langsung bisa kita kirim kepada siswa, siswa akan mendapatkan email nilai sehingga siswa langsung tau berapa nilai yang mereka dapatkan. Beberapa tugas yang diberikan guru kepada siswa nilainya akan menjadi satu rekan nilai, seperti daftar nilai yang dimiliki guru. Rekap nilai tersebut tinggal didownload oleh guru sehingga guru tidak perlu lagi memasukkan nilai secara manual ke daftar nilai.

Itulah sebagian kecil kelebihan mengelola tugas siswa dengan google classroom. Semoga bermanfaat. Aamiin


Tidak ada komentar:

Posting Komentar